Rapat Kerja Daerah Kab.Mamberamo Raya Tahun 2011

Kehadiran pemerintahan dan keberadaan Pemerintah adalah suatu yang urgen dalam proses kehidupan masyarakat. Karena secara sadar atau tidak, harus diakui bahwa hampir seluruh sisi kehidupan masyarakat berhubungan erat dengan fungsi-fungsi pemerintahan di dalamnya.

Tugas pokok pemerintahan pada hakekatnya tercakup dalam tiga fungsi yang hakiki, yaitu pelayanan (services), pemberdayaan (empowerment), dan pembangunan (development). Dari ketiga fungsi tersebut diharapkan membuahkan keadilan dalam pelayanan masyarakat, mendorong kemandirian, dan menciptakan kemakmuran dalam masyarakat. Ketiga fungsi inilah sekaligus menjadi misi pemerintahan di tengah-tengah masyarakat. Karena itu, keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan daerah, dapat diukur dari sejauhmana kemampuan Pemerintah Daerah dalam mengemban ketiga fungsi tersebut.

Guna memberikan arah dan sasaran yang jelas dalam mewujudkan Visi dan Misi Kabupaten Mamberamo Raya, maka ukuran kinerja pemerintah Daerah (tahun 2010) dapat diukur. Berbagai kegiatan pembangunan telah diprogramkan dan dilaksanakan guna mencapai sasaran pembangunan. Namun disadari bahwa dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan tahun 2010 masih banyak kendala-kendala yang perlu mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya; baik dalam aspek perencanaan, pelaksanaan, maupun pengendalian kegiatan pembangunan.

Dalam rangka mengevaluasi kegiatan pembangunan tahun 2010, yang diharapkan dapat memberikan masukan dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan tahun berikutnya, maka perlu dilakukan inventarisasi dan pengkajian permasalahan pembangunan secara terpadu dan sistematis.

Forum Rapat Kerja Daerah Kabupaten Mamberamo Raya dinilai sebagai wahana yang efektif untuk mengevaluasi seluruh pelaksanaan kegiatan pembangunan tahun 2010. Kemungkinan timbulnya sikap saling mempersalahkan satu sama lainnya perlu dihindari, karena yang terpenting dari hasil Rakerda ini ialah bagaimana dapat dirumuskan saran pemecahan masalah yang konstruktif, membangun kebersamaan, dan memperkuat komitrnen untuk mewujudkan Visi dan Misi Kabupaten Mamberamo Raya, yaitu mewujudkan Kabupaten Mamberamo Raya yang Berbeda, Mandiri, Beriman dan Berbudaya.

Maksud dan Tujuan Rapat Kerja Daerah ini adalah :

  1. Untuk melakukan Evaluasi terhadap realisasi pelaksanaan kegiatan pembangunan tahun anggaran 2010;
  2. Untuk mewujudkan keterpaduan dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan kabupaten Mamberamo Raya tahun 2011;
  3. Untuk memberikan masukan dalam proses penyusunan program pembangunan tahun 2012;
  4. Untuk mengetahui bidang permasalah tersebut di bidang pemerintahan, ekonomi dan pembangunan, kemasyarakat, dan aparatur dan kelembagaan serta bagaimana solusi dan pemecahannya.

Saran Rapat Kerja Daerah ini adalah :

  1. Mewujudkan persamaan persepsi, memupuk rasa kebersamaan dan memperkuat komitmen dalam pelaksanaan pembangunan guna mewujudkan visi dan misi Kabupaten Mamberamo Raya;
  2. Meningkatnya kesadaran aparatur pemerintah terhadap pelaksanaan tugas dan tanggungjawabnya;
  3. Terwujudnya keterpaduan dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian program pembangunan.

Tema Rapat Kerja Daerah adalah :

"Wujudkan Visi dan Misi Kabupaten Mamberamo Raya dengan melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian pembangunan secara terarah, tepat sasaran dan berkelanjutkan".

Pelaksanaan Rapat Kerja Daerah pada tanggal 7 -9 April 2011, di Aula Kantor Bupati Mamberamo Raya, Kasonaweja Distrik Mamberamo Tengah.

Rapat Kerja Daerah kali ini menghasilkan beberapa kesimpulan :

  1. Realisasi Pendapatan APBD Tahun Anggaran 2010 Kabupaten Mamberamo Raya mencapai 103 % ( realisasi PAD 52 %, Dana Perimbangan 108 %, Lain-lain Pendapatan Daerah yang sah 76 % ) , dan realisasi Belanja mencapai 74 % ( realisasi Belanja Pegawai 59 %, belanja Barang dan Jasa 61% dan Belanja Modal 72 % )
  2. Tingginya tuntutan pemekaran kampung dan distrik di wilayah Pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya.
  3. Belum maksimalnya pelayanan kepada masyarakat disebabkan, rendahnya kapasitas aparatur dan kelembagaan Pemerintah Kabupaten Mamberamo Raya.
  4. Terbatasnya anggaran dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat di kampung.
  5. Minimnya sarana dan prasarana di bidang pendidikan, kesehatan, pemerintahan, perdagangan, sumber daya energy, perumahan rakyat, perhubungan dan infrastruktur daerah.
  6. Belum dipahaminya kesetaraan gender/peran perempuan dalam keluarga dan perlindungan anak.
  7. Terbatasnya peran masyarakat dalam berbagai proses pembangunan terkait pemahaman dan ketrampilan dalam berbagai aspek

Saran dalam Rapat Kerja Daerah ini adalah :

  1. Dibentuknya tim kajian pemerintah daerah tentang pemekaran kampung dan distrik.
  2. Peningkatan kapasitas aparatur melalui pendidikan struktural dan fungsional serta penguatan kelembagaan.
  3. Penyediaan anggaran yang cukup melalui peningkatan sumber-sumber pendapatan daerah.
  4. Meningkatkan penyediaan sarana dan prasarana bidang pendidikan, kesehatan, pemerintahan, perdagangan, sumber daya energy, perumahan rakyat, perhubungan dan infrastruktur daerah berdasarkan wilayah pembangunan.
  5. Perlu dilakukan sosialisasi, pelatihan, ketrampilan dalam rangka peningkatan peran perempuan dalam keluarga.
  6. Peningkatan peran masyarakat melalui peningkatan pemahaman dan ketrampilan dalam berbagai sector pembangunan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s