Visi dan Misi Kabupaten Mamberamo Raya

Visi Kabupaten Mamberamo Raya  2011-2016:

MEWUJUDKAN KABUPATEN MAMBERAMO RAYA YANG BERBEDA, MANDIRI, BERIMAN DAN BERBUDAYA

Nilai dari Visi tersebut adalah :

1. Berbeda :

Kebijakan Pembangunan :

Keunikan karakter geografis dan demografis, diperlukan kebijakan pembangunan yang spesifik, yakni pembangunan yang dilaksanakan bersama untuk semua, di mana masa depan di tangan rakyat dan ditangani oleh rakyat dan harus dimulai dari unsur masyarakat yang paling kecil (mikro ) dengan dengan pendekatan partisipatif berdasarkan prinsip HDO (Household Development Oriented). Pendekatan ini bermuara pada masa depan Mamberamo Raya sangat ditentukan oleh partisipasi aktif seluruh rakyat, di mulai dari setiap individu dalam setiap rumah tangga, dengan karakter “ Pembangunan dari pintu ke pintu “

Potensi Sumber Daya Alam :

Kabupaten Mamberamo Raya memiliki kekayaan potensi alam yang luar biasa besarnya, bersifat khas, unik, dan prespektif, baik terkandung di bawah tanah berupa bahan baku energy dan tambang, maupun di atas tanah berupa kawasan hutan konservasi yang memiliki flora dan fauna, dengan bernilai strategis tinggi.

2. Mandiri :

Masyarakat Mamberamo Raya yang MANDIRI adalah masyarakat yang memiliki potensi jati diri yang dapat dibanggakan karena memiliki integritas, cerdas dan ulet. Mampu menciptakan lapangan kerja sendiri berbasis unggulan sumber  daya alam potensial serta mampu meningkatkan status ekonomi dan sosial kearah kesejahteraan, sehingga dapat mengurangi ketergantungan.

3. Beriman :

Masyarakat Mamberamo raya yang BERIMAN, adalah sebagai kehidupan masyarakat yang utuh, yang dijiwai oleh nilai-nilai moral keagamaan yang tinggi. Ketaatan pada Tuhan Yang Maha Kuasa membebaskan masyarakat dari pikiran dan tingkah laku tidak terpuji, sehingga menjadi modal dasar untuk mendukung pembangunan.

4. Berbudaya :

Masyarakat Mamberamo Raya yang BERBUDAYA, yakni masyarakat yang memiliki karakter individu, semangat solidaritas dan soliditas yang kuat, karena menjadikan budaya sebagai perekat, dengan menjunjung tinggi nilai-nilai adat istiadat.

 

Misi Kabupaten Mamberamo Raya 2011-2016 :

1. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Masyarakat

    Manusia berkualitas adalah manusia yang utuh, yang dicitrakan dengan derajat kesejahteraan lahir dan batin. Berkualitas lahiriah masyarakat Mamberamo raya diindikasikan oleh meningkatnya pendapatan rata-rata masyarakat yang dapat menjamin eksistensi kehidupan masa depan di satu sisi. Berkualitas secara batiniah adalah masyarakat yang memiliki landasan moral kuat, merujuk pada meningkatnya jaminan pertumbuhan berkarakter dan pelestarian nilai-nilai keagamaan, adat istiadat dan kebangsaan.
Wujud sinergi kualitas lahir batin, menghantar masyarakat Mamberamo raya yang berbeda, mandiri, beriman dan berbudaya.
Target lima tahun ke depan adalah :

  • Tersedianya sumberdaya manusia berkinerja efektif, produktif, inovatif dan responsive, yang menghasilkan individu-individu cerdas dan bermoral serta komunitas masyarakat yang kohesif dan partisipatif dalam mendukung berbagai program dan kegiatan pembangunan.
  • Tersedianya sumber daya manusia beriman, yang menghasilkan individu-individu yang memiliki integritas sosial yang dapat dibanggakan dan memperoleh pengakuan nyata dari berbagai pihak karena bekerja takut akan Tuhan.
  • Tersedianya sumber Daya manusia mandiri, yang menghasilkan individu-individu yang memiliki status ekonomi yang mampu memenuhi kebutuhannya sendiri dan bahkan dapat memberi kontribusi  bagi peningkatan proses pembangunan.

2. Mengembangkan sumber daya alam strategis dengan titik berat pada sektor energi, industri pertambangan, kehutanan dan perikanan yang berwawasan lingkungan.

Guna mengoptimalkan potensi sumber daya alam yang dimiliki, diupayakan sector-sektor energy, pertambangan, kehutanan dan perikanan sebagai leading sector yang dikelola berwawasan lingkungan. Dengan pengertian, bahwa energy, pertambangan, kehutanan dan perikanan memiliki keunggulan nilai ekonomi yang dapat dimanfaatkan untuk mengangkat harkat dan martabat masyarakat Mamberamo raya. Sementara sector lainnya yang juga potensial didorong secara intens, sinergi dan simultan untuk mendukung penumbuhan dan pengembangan energy, industry pertambangan dan kehutanan dalam kerangka system perencanaan pembangunan yang sistematis, rasional dan berkelayakan.
Kondisi masa depan, diindikasikan sbb :

  • Tersedianya bahan tambang dan energi yang dapat diunggulkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Mamberamo raya dan masyarakat papua guna mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.
  • Tersedianya produk-produk kehutanan sebagai komoditi unggulan yang memiliki daya saing strategis.
  • Tersedianya lahan tambang dan energi serta kehutanan yang dapat dikelola oleh masyarakat adat.
  • Tersedianya dukungan nyata dari sektor-sektor lainnya untuk menunjang sektor-sektor unggulan.

3. Menata Kepemerintahan Yang Baik

Dalam lima tahun ke depan harus dapat diwujudkan Tata kepemerintahan Kabupaten Mamberamo raya yang baik dan benar, maka perlu dilakukan reformasi birokrasi yang sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat dan pemerintah provinsi Papua. Dengan demikian diperlukan kondisi prasyarat dalam hal pembenahan system manajemen kelembagaan, tata kelola keuangan berdasarkan system anggaran berbasis kinerja dan pengelolaan asset daerah, peningkatan kompetensi dan kinerja aparatur pemerintahan, serta keajegan koordinasi antara eksekutif, legislative dan lembaga-lembaga lainnya baik lembaga pemerintahan maupun non pemerintahan ( LSM dan stakeholders lainnya )
Demikian juga diperlukan koordinasi vertikal mulai dari unit pemerintahan di kampung hingga ke tingkat pusat, maka dalam menata kepemrintahan Mamberamo raya digunakan prinsip transparansi dan akuntabilitas dan mendorong terwujudnya peningkatan mutu partisipasi dan demokrasi. Sehingga dengan tata kepemerintahan yang baik, perlu perbaikan sistem pelayanan publik yang prima dan berkeadilan. Sama halnya dengan memberikan pelayanan kepada investor sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
Kondisi masa depan, diindikasikan dengan :

  • Tersedianya prasarana pemerintahan yang memadai hingga ke tingkat distrik dan kampung.
  • Tersedianya aparatur pemerintahan yang cukup dan memiliki kompetensi dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan di semua lini.
  • Tersedianya sistem dan prosedur di bidang keuangan, kepegawaian, asset yang memadai dalam memberikan pelayanan standar minimal kepada publik.

4. Menegakkan Hukum 

Penegakan hukum, dilandasi atas prinsip keadilan untuk semua masyarakat Mamberamo raya, maka masalah hukum dipandang sebagai prasyarat mutlak bagi kelangsungan pembangunan. Itu artinya diperlukan regulasi yang diatur dalam peraturan daerah baik yang bersifat penetapan maupun yang bersifat mengatur dengan prinsip kehati-hatian, sebab pengabaian terhadap hukum hanya akan mendatangkan malapetakan menjalankan roda pemerintahan. Akibat yang ditimbulkan adalah tidak lagi focus pada program-program pembangunan bagi masyarakat, tetapi akan beralih kepada penyelesaian masalah hukum tiada henti. Pada konteks penegakan hukum, harus diarahkan kepada wujud penghormatan terhadap harkat dan martabat manusia, maka prinsip keadilan yang beradab harus dijunjung tinggi.
Keadaan masa depan, dapat diindikasikan dengan :

  • Tersedianya prasarana dan sarana penegakan hukum yang memadai.
  • Tersedianya penegak hukum yang cukup dan professional.
  • Tersedianya instrument yang memadai dalam rangka pengakuan dan penghormatan terhadap hukum dan peradilan adat.

5. Memperkuat hak-hak adat dan memberdayakan masyarakat berkelanjutan

Sebagai upaya mewujudkan masyarakat yang tangguh dalam kemadirian, maka hak-hak adat harus mendapatkan tempat yang sesuai dan proporsional di dalam kerangka pembangunan. Hak-hak adat bersinggungan dengan hukum nasional sebagai bagian integral, tetapi memiliki integritas sendiri yang tidak dapat diabaikan, karena itu hak-hak adat harus mendapat perlindungan terhadap berbagai erosi pembangunan yang kemungkinan dapat menjadi ekses-ekses yang tidak dikehendaki.
Dengan mekanisme penguatan hak-hak adat, maka pembangunan Mamberamo raya dalam 5 tahun ke depan adalah pembangunan berwawasan lingkungan diintersepsi oleh adat istiadat yang berkembang mapan di tengah-tengah masyarakat. Sehingga perlu diwujudkan bangunan model setara dalam konteks kemitraan sejajar dengan berbagai pihak yang berkepentingan dalam proses pembangunan Kabupaten Maberamo raya.
Kondisi masa depan, diindikasikan dengan :

  • Tersedianya komunitas adat yang kokoh.
  • Tersedianya masyarakat yang mampu mewujudkan potensinya berpartisipasi aktif dalam seluruh rangkaian proses pembangunan.
  • Tersedianya masyarakat yang memiliki derajat sosial dan ekonomi memadai untk dapat mandiri, beriman dan berbudaya.
  • Tersedianya pemerintahan kampung yang memiliki kapasitas memadai dalam memberikan pelayanan publik.

 

      Satu pemikiran pada “Visi dan Misi Kabupaten Mamberamo Raya

      Tinggalkan Balasan

      Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

      Logo WordPress.com

      You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

      Gambar Twitter

      You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

      Foto Facebook

      You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

      Foto Google+

      You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

      Connecting to %s