Draft Renstra Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Mamberamo Raya Tahun 2011-2016

papa_2 

Perubahan lingkungan yang terjadi, baik ditingkat global, nasional maupun daerah perlu diantisipasi oleh suatu Dinas sebagai suatu organisasi (entitas) dengan sejumlah langkah dan kebijakan baru yang responsif terhadap perubahan yang terjadi. Dalam kaitan ini, peranan perencanaan stratejik (strategic planning) sangat penting, bahkan tidak dapat dihindari untuk memenuhi perubahan yang terjadi. Oleh karena itu perencanaan stratejik dapat disebut sebagai metode yang berkaitan dengan kompleksitas lingkungan, baik eksternal maupun internal yang erat kaitannya dengan organisasi.

Perencanaan stratejik adalah suatu proses. Sebagai suatu proses, perencanaan ini menentukan apa yang dikehendaki suatu organisasi di masa yang akan dating dan bagaimana upaya pencapaiannya. Perencanaan stratejik merupakan suatu kerangka berpikir logis dalam menentukan (i) scanning = dimana posisi kita sekarang, (ii) misi = akan kemana kita, (iii) strategi = bagaimana menuju kesana, (iv) program = apakah desain teknis untuk pelaksanaan strategi dan (v) evaluasi = apakah kita sudah berada di jalan yang benar. Lebih lanjut, perencanaan stratejik mampu merubah cara berpikir manajemen, mengalokasikan dan merelokasikan berbagai sumber daya.

Perencanaan stratejik berkaitan dengan dampak masa depan dari keputusan stratejik yang dibuat sekarang (futury of current decisions). Perencanaan ini mencakup berbagai pilihan yang berkaitan dengan organisasi secara keseluruhan. Perencanaan ini mampu merespon kekuatan-kekuatan eksternal yang tidak dapat dikendalikan. Untuk mendapatkan hasil suatu perencanaan stratejik terbaik, diperlukan kedalaman dan keluasan cakupan informasi, pengembangan berbagai alternatif dan penekanan pada keputusan yang berimpilikasi di masa yang akan datang.

Dengan ditetapkannya Kabupaten Mamberamo Raya sebagai Kabupaten berdasarkan Undang-Undang No. 19 Tahun 2007 tentang Pembentukan Kabupaten Mamberamo Raya di Provinsi Papua, maka Kabupaten Mamberamo Raya mempunyai kewenangan dalam mengelola potensi daerah yang ada dalam kerangka otonomi khusus, untuk itu diperlukan strategi yang sinergik dan berkesinambungan dalam membangun dan mengelola potensi sumber daya yang ada, sehingga memberikan nilai tambah serta multiplier effect pada perekonomian masyarakat lokal dan daerah sekitarnya.

Kerjasama dalam hal pengawasan pelaksanaan program kerja antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam merealisasikan rencana yang telah diprogramkan, perlu dukungan yang melibatkan berabagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tentang indikasi penyimpangan-penyimpangan yang dilakukan aparatur pemerintah dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat sebagai pemberi amanah dapat terpantau, sehingga prinsip-prinsip kepemerintahan (good governance) dalam menjalankan roda pemerintahan dan pembangunan melalui tiga pilar utamanya yaitu adanya transparansi, partisipasi dan akuntabilitas berjalan dengan baik.

Berdasarkan Instruksi Presiden Nomor 7 Tahun 1999 tentang Akuntabilitas Instansi Pemerintah, diwajibkan agar setiap instansi pemerintah menyusun perencanaan stratejik untuk 5 (lima) tahun ke depan. Dalam sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang merupakan instrument pertanggung jawaban, perencanaan stratejik merupakan langkah awal untuk melakukan pengukuran kinerja instansi pemerintah.

Memperhatikan hal tersebut diatas, Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Mamberamo Raya secara organisatoris telah merumuskan Rencana Stratejik (Renstra) untuk lima tahun kedepan, yaitu tahun 2011-2016, yang sangat relevan dengan upaya pengembangan paradigma pembangunan, pengelolaan kebijakan public dan perumusan manajemen stratejik untuk meningkatkan pelayanan public dan sebagai pedoman dalam melaksanakan Visi dan Misi yang telah ditetapkan. Renstra merupakan target kwalitatif organisasi, sehingga pencapaian target tersebut merupakan ukuran keberhasilan atau kegagalan organisasi. Dengan tersusunya Renstra maka jelas bagi organisasi kearah yang akan dituju.

Draft Renstra dapat diunduh disini

http://www.facebook.com/plugins/like.php?api_key=155953304471009&channel_url=http%3A%2F%2Fstatic.ak.fbcdn.net%2Fconnect%2Fxd_proxy.php%3Fversion%3D2%23cb%3Df1be2546bc4374d%26origin%3Dfile%253A%252F%252F%252Ff17f11a1d8d8b2c%26relation%3Dparent.parent%26transport%3Dflash&font=arial&href=http%3A%2F%2Fbenfrizsmalau.wordpress.com%2F2011%2F05%2F17%2Fdraft-renstra-dinas-pendapatan-daerah-kabupaten-mamberamo-raya-tahun-2011-2016%2F%23more-334&layout=standard&locale=en_US&node_type=1&sdk=joey&send=true&show_faces=true&width=450

Satu pemikiran pada “Draft Renstra Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Mamberamo Raya Tahun 2011-2016

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s